Selasa, 30 Desember 2014

Perusak Budaya


PERUSAK BUDAYA. Disadari atau tidak, film-film India di stasiun televisi kita (Indonesia) telah merusak budaya kita. Film India atau sinetron India tentu saja menampilkan kehidupan masyarakat India, lengkap dengan latar belakang budaya, adat, dan kebiasaan mereka. Secara tidak langsung, kita diperkenalkan budaya India, dan secara tidak langsung pula memengaruhi cara pandang dan cara berpikir kita. (Foto: Asnawin)




-------------

Perusak Budaya


Oleh: Asnawin Aminuddin

Disadari atau tidak, film-film India di stasiun televisi kita (Indonesia) telah merusak budaya kita.

Begitu banyak saudara-saudara kita, baik perempuan maupun laki-laki, orang dewasa maupun anak-anak, yang merasa sangat rugi kalau tidak sempat menonton tayangan sinteron India.

Beberapa stasiun televisi, bahkan menghadirkan bintang-bintang film India atau bintang-bintang sinetron India, pada acara-acara tertentu, karena melihat begitu besar antusiasme sebagian masyarakat Indonesia terhadap film dan sinetron Indonesia.

Beberapa bintang film dan bintang sinetron India, sepertinya juga sudah menjadi bintang pujaan sebagian masyarakat Indonesia.

Film India atau sinetron India tentu saja menampilkan kehidupan masyarakat India, lengkap dengan latar belakang budaya, adat, dan kebiasaan mereka.

Secara tidak langsung, kita diperkenalkan budaya India, dan secara tidak langsung pula memengaruhi cara pandang dan cara berpikir kita.

Sebagian masyarakat akhirnya tidak merasa asing lagi dengan kehidupan dan budaya orang India. Mereka seolah-olah sudah lama mengenal kehidupan dan budaya India.

Pembicaraan sehari-hari mereka juga kerap diwarnai jalan cerita dalam film atau sinetron India.
Sebagian anak gadis kita dan saudara perempuan kita, juga terlihat senang dan bangga jika menggunakan atribut atau pakaian ala India.

Semua itu menunjukkan betapa budaya India sudah merusak budaya kita.

Gowa, 13 Desember 2014
--------

Tidak ada komentar: